Every skintone is beauty, hindari stigma yang di ciptakan oleh masyarakat

 


     Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh ❤️. Halo Readers kesayangan ku ❤️. Long time No see yaaa, lebih tepatnya udah lama ga bersua wkwkwk. Gimana kabar kalian? Semoga baik-baik dan sehat selalu yaaa ❤️.

       Btw, hari ini aku mau bahas mengenai stigma yang beredar di masyarakat, sebelum nya aku mau nanya dulu, di sini siapa yang suka insecure sama warna kulit nya? 

Readers : “ Akuuu!!! “
Aya : “ Alasan nya? “
Readers : “ Kulit aku coklat, bukan putih. Cantik itu kan harus putih :(  “
Aya : “ NAH!!! Eng ing eng, yuk sini diskusi sama aku :( “ 

  Actually insecure itu bukan hanya di rasakan oleh orang-orang yang berkulit gelap loh, even orang berkulit putih pun memiliki insecure juga mengani warna kulit nya. Nah lo? Ko bisa si? Tahu kah kamu? Stigma itu di ciptakan oleh masyarakat dan media pun turut membantu membuat stigma itu. CANTIK itu ga harus putih ko. No matter what, every skintone is beauty ❤️. 

      Jadi kemaren itu aku ikut webinar mengenai hal ini, dan tema dari webinar itu adalah “ STOP KOSMETIK BERMERKURI - AKHIRI OBSESI PUTIH DALAM SEKEJAP, BANGGA DENGAN WARNA KULIT MU “ . Webinar ini di selenggarakan oleh BPOM ( Badan Pengawas Obat & Makanan ) pada Jum’at tanggal 23 Oktober 2020 melalui aplikasi zoom. Tapi ada live instagram sama youtube nya juga ko, yang ketinggalan bisa cek postingan mereka ya hihihi. 

  Webinar ini di selenggarakan dalam rangka memberikan sosialisasi dan juga edukasi kepada masyarakat Indonesia. Tau ga si? Di luar sana ternyata banyak banget orang-orang yang terobsesi untuk memiliki kulit yang putih. Bahkan saking terobsesi nya mereka sampai  ga memikirkan lagi mengenai kandungan produk yang mereka gunakan! Jadi tanpa sadar mereka menggunakan produk yang berbahaya yaitu produk-produk yang mengandung merkuri dan zat berbahaya lain nya!!! 

Readers : “ Merkuri itu apa sih ka? “
Aya : “ Merkuri itu bahan berbahaya yang paling sering digunakan sebagai bahan utama pembuat kosmetik pemutih. “
Readers : “ efek samping nya ka? “
Aya : “ Efek jangka panjang bila digunakan terus menerus adalah kanker. Ngeri ga si? Niat hati mo mau cantik malah berujung petaka “

     Webinar ini seru banget!!! Karena di hadiri oleh orang-orang yang memang expert di bidang nya. Seperti Dr. Ir. Penny Lukito, MCP selaku Kepala BPOM RI , dr.Listya Pramita Sp.KK , Dra.Reri Indriani ,Apt.,M.Si. Deputi Bidang pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik. Analisa Widyaningrum Psikolog/Influencer, Asmara Abigail Public Figure/Actress , Rayi Ran Penyanyi, dan Sebagai host ada si Cantik Shafira Umm. 


     Jadi opening itu sekitar 09:30 WIB, tapi aku masuk zoom 08:45 WIB ( takur telat uy :( udah terbiasa datang duluan wkwkwk ). Pas opening tuh kita ngobrol sama bintang tamunya, yaitu Ka Rayi & Ka Asmara. 

   Ternyata Ka Asmara pun pernah merasakan “ diskriminasi “ di dunia Entertainment. Karena pada saat itu media dan dunia per film an di dominasi wanita yang kulitnya cerah. Syukur nya sekarang brand dan media sudah mulai membuka diri. Udah banyak loh brand yang menyediakan shade foundi untuk semua skintone. 

     Ka Asmara juga cerita kalau dia itu merasa jadi wanita istimewa setelah menjalani pendidikan di Luar Negri. Jadi kata Ka Asmara, kulit gelap itu udah kaya asset. Karena di luar sana banyak banget orang berlomba-lomba untuk memiliki kulit yang gelap, bahkan ada anggapan bahwa yang berkulit gelap saat summer itu “ orang kaya “ alis dia punya duit buat liburan 🤣🤣🤣. Fun fact banget yaaa hihihi. 


     Di sela-sela perbincangan kita meliat sebuah video yang menampilkan VT testimoni dari beberapa orang yang berkulit sawo matang. 


     Dr. Ir. Penny Lukito, MCP selaku Kepala BPOM RI memhimbau masyarakat untuk bersama-sama menggaungkan “Cantik bukan dari warna kulit” dan menggaungkan untuk menggunakan kosmetik yang aman . 


Readers : “ gimana si caranya kita mengetahui kosmetik kita itu aman? “

Aya : “ Caranya gampang banget!!! Pastikan kosmetik kalian memiliki izin edar dari BPOM RI dan jangan lupa untuk memastikan izin edarnya itu asli!!! Jadi cek aja di Website BPOM “

Readers : “ aku noted nih ❤️ “

Aya : “ Oh iya jangan lupa Cek KLIK ya!!! yaitu Cek Kemasan, Cek Label, Cek Ijin Edar dan Cek tanggal Kedaluarsa produk. “


     Selanjutnya kita dapat penjelasan dari dr.Listya Pramita Sp.KK , Dr Mita menjelaskan bahwa kulit manusia terbagi atas 6 jenis warna. Nah warna ini dipengaruhi oleh faktor genetik dan tentu saja tidak dapat diubah. Setiap warna kulit itu memiliki keistimewaan nya tersendiri dan sudah sesuai dengan iklim tropis di Indonesia. Fyi kulit sawo matang itu memiliki kekuatan lebih atau proteksi untuk melindungi diri dari efek buruk sinar matahari dibanding dengan warna kulit yang lebih putih. Emang bener kan Allah SWT itu memang sebaik-baiknya Pencipta ❤️. 


     Terus kita juga di kasih pandangan dari sisi psikolog oleh Mbak Analisa Widyaningrum. Actually penanaman pola pikir mengenai standar kecantikan itu dimulai dari lingkungan keluarga. Jadi tuh sebisa mungkin kita jangan ngasih label ke anak kita. Karena efek secara psikologis nantinya hal tersebut membuat anak menjadi minder loh dan menjadi mindset bahwa dia itu ga cantik karna memiliki kulit yang gelap. Ga mau kan anak nya minder kek gitu? 



     Btw aku seneng banget ikutan webinar ini!!! Walaupun secara virtual tapi feel nya itu dapet banget!!! Saking serunya event 3 jam ini tuh ga berasa cape sama sekali!!! Aku juga jadi menambah beberapa temen baru ❤️. Gangguan signal sama sekali ga mengurangi “ happiness “ dari event virtual ini❤️. Semoga aku punya kesempatan lagi di lain waktu untuk ikutan event virtual yang super keren ini yaaa. Sekian cerita dari aku semoga bermanfaat dan sampai ketemu di tulisan yang berikutanyaaa !!! Luv Readers ku ❤️. Wassalamualaikum waharmatullahi wabarokatuh . 







0 Comments:

Posting Komentar