Suka Duka Menjadi Beauty Blogger



       Assalamualaikum warahmatulahi wabarkatuh, halo readers kesayangan aku, gimana kabarnyaaa??? Cuaca belakangan ini rada rancu yaaa, siang panas sorenya hujan, masuk musim pancaroba kali yeee. Dah pada vaksin dosis 3 belum??? Aku nunggu kerjaan kelar dulu, baru vaksin dosis ke 3. Soalnya takut tepar ceu, sedangkan kerjaan aku kan kek tahu bulat di goreng dadakan like hap hap hap selesai hahaha.

*Readers : "Iya nih ka cuaca ga nentu!"
*Aya : "Ga papa, yang penting jangan suasana hatinya aja yang ga nentu :p"

    Hari ini aku mau cerita mengenai suka duka menjadi seorang beauty blogger hihihi. Aku terjun di dunia blogger ini dari tahun 2015, berawal dari iseng cerita mengenai aktvitas di sekolah, akhirnya aku memutuskan menulis review produk yang pernah aku pakai. Tulisan pertama aku adalah minyak zaitun hahaha, retjeh beet dah tapi aku suka :p. 

*Readers : "Rupanya bakat retjeh sudah mendarah daging ya sis"
*Aya : "Yes baby wkwkwk"

     Terus biasanya abis aku review, link tulisan nya aku bagikan ke grup gitu. Karena respon positif dari temen-temen aku bahkan salah satu ade kelas aku juga suka sama tulisan aku, btw dia ngasih aku surat pink waktu mos dan isinya curhatan mengenai how many she likes me and review by me. Elsaaa, berkat kamu aku jadi termotivasi nulis review produk lain nya hihihi.

*Readers : "Jadi motivasi awal nulis itu adalah bikin daily tentang sekolah gitu ya ka???"
*Aya : " Iyap, kurang lebih kek gitu, karena aku itu udah masuk kelas 3 semester 1. Which is 1 semester lagi aku udah kelar di sekolah ini. Jadi biar someday kalau aku kangen sekolah, aku tinggal baca-baca tulisan aku tentang sekolah di blog aku sendiri hihihi"


    Awal mula jadi blogger aku bikin website di wordpress, terus pas mau pindah domain aku memutuskan untuk ke blogspot saja, tentu alasan nya karena biaya domain nya super duper murah di banding web sebelah hahaha. Secara aku kan anak akuntansi, jadi otaknya di penuhi angka-angka saja wkwkwk. So far setelah pindah domain, beberapa tulisan aku masuk di page one google, tbh awalnya aku ga ngerti fungsi dan tujuan nya buat apa. Ternyata masuk page one google bisa menambah kepercayaan diri kita sebagai blogger loh :p. Tbh tulisan yang masuk page one itu ga aku setting sedemikian rupa si wkwkwk, alias aku kan buta tuli banget tuh apa seo dkk, jadi aku tulis sesuai karatker aku aja dan alhamdulillah masuk page one si hihihi.

*Readers : "Iya ya, tulisan nya punya karakter sendiri :p"
*Aya : "Iya dumsss, Readers kan karakter bikinan aku buat narasi di blog :p hahaha, biar baca blognya seru, ga garing kek makan wafer gitu loh~"

    Dari blog ini aku jadi kenal beberapa temen satu daerah maupun luar daerah. Bahkan relasi pertama aku berawal dari blog ini loh, karena aku gabung di Komunitas Female Blogger Of Banjarmasin. Terus waktu itu ada wag dan event pertama adalah ultah komunitas hihihi. Jadi ketemu deh sama temen-temen yang biasanya wara wiri di blog saja, kali ini langsung ngobrol tatap muka dan itu seru banget!!!. So far so good aku ga nemuin dukanya jadi beauty blogger hahaha, kayanya lebih banyak happy nya deh, jadi aku spall spill happy nya jadi beauty blogger dulu yaaa~


    Happy nya jadi beauty blogger, aku bisa icap icip produk yang aku suka dan mendapatkan bayaran juga, lumayan lah ceu uang nya buat bayar domain pertahun hahaha. Realistis banget kan otak aku hahaha. Terus as blogger kita itu kerjanya fleksibel alias ga ada batas ruang dan waktu kecuali ada dl dari klien nya awokawok.

    Nah biasanya klien suka ngasih brief gitu kan, brief ini tergantung klien nya, kadang tuh ada yang penjelasan nya detail banget, ada juga yang penjelasan nya bikin kamu harus meraba-raba dan menjabarkannya sendiri wkwkwk. Ada juga biasanya kerjaan yang mengharuskan menggunakan keyword, seo dkk. Biasanya job kaya gini jarang banget aku ambil, karena aku ga mau ngerepotin diri aku sendiri. As u know, aku jadi blogger niat awalnya buat berbagi cerita aja dan bukan menjadikan blog sebegai penghasilan utama. 

    Jadi kalau misalnya ada job yang aku ngerasa feel nya dapat dan cocok biasanya aku ambil, kalau ga biasanya aku tolak aja si, soalnya klien itu kan butuh kepastian dan jawaban kita, jadi kalau kita ga bisa, dia bisa cari pengganti yang lain gitu loh~ *btw ini reminder buat semuanya yaaa, bukan buat blogger ajeee wkwkwk. Btw aku kan sekarang kerja as social media specialist, jadi pengalaman aku as blogger ini kepake banget, dari nego, ngasih brief, ngasih timeline post dan payment hihihi.

*Readers : "Itu pengalaman ya ka di ghosthing???"
*Aya : "Hooh :p, kan berabe yeee kalau aku udah cari pengganti, eh doinya bisa ikutan kita :p"


    Btw, saking fleksiblenya kerjaan as blogger ini, penghasilan nya juga fleksibel, alias ga nentu tiap bulan atau biasa kita sebut penghasilan tidak tetap hahaha. Kerjaan nya juga di pandang sebelah mata sama orang-orang, karena kerjaanya itu maya dan ga keliatan kalau kita itu kerja wkwkwk. 

*Readers : " Kerjanya depan laptop & hp ya ka hihihi"
*Aya : "Iya hahaha"

    Orang mah taunya kita pamer produk, padahal pamer nya kita di bayar ceuuu, di kasih produk lagi :p. Yang julid dapat apaan dah selain dosa??? wkwkwk. So Far ini doang si dukanya aku as blogger ya, Jadi sekian tulisan dari aku, semoga bermanfaat dan sampai ketemu di tulisan berikutnya, wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

8 Comments:

  1. Seruuu, sekarang Aya kerjanya juga gak jauh2 dari pengalaman jadi bloggernya. Beberapa tahun kenal Aya juga banyak perubahannya jadi semakin keren, tulisan blognya jg sekarang tanbah rapi MasyaAllah

    ReplyDelete
  2. Wkwkwk, setuju. Tak apa dijulidin orang karena sering pamer, yang penting pamernya kita dibayar + dapat produk XD

    ReplyDelete
  3. Kalo gak jadi blogger kita gak bisa kenal ay ehehe
    Semoga lancar terus ya kerja di dunia perbloggeran
    Jadi pengen juga pae one d google, kayanya aku belum pernah huhu

    ReplyDelete
  4. Sudah biasa kena mode julid gpp guys kita hempaskan saja dengan pekerjaan have fun ini dan dapat cuan hhi

    ReplyDelete
  5. Jadi blogger memang seru ya mbak. Saking serunya kadang tidur saya ga nentu, wkwkkw. Ngejar deadline.

    ReplyDelete
  6. Ciri khas yang paling aku suka dari tulisan aya itu, antara aya dan readers. Lucukkk. Bener bngt apa kata aya, suka bngt dipandang rendahh, but kita harus ttp gak peduli yaaa. Hihihi, biarlin lah mereka yg kdang gak ngerti sama kerjaan kita mau ngomong apa.
    Penting kita happy

    ReplyDelete
  7. Seriiing banget aku baca orang julid dengan blogger, terutama yang niche beauty soalnya dikira pamer terus padahal cara kerjanya memang seperti itu ya XD

    ReplyDelete
  8. Salah satu keuntungan jadi beauty blogger itu bisa dapat produk gratis dong yaa. Tapi tentunya itu juga dibarengi risiko kayak produk nggak cocok yang bisa membuat kulit kita bermasalah

    ReplyDelete